logoblog

Hanya 2 Menit Anda Bisa Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif Dan Aman

Hanya 2 Menit Anda Bisa Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif Dan Aman

Lakukan Sendiri

Dibaca:520 close
Hanya 2 Menit Anda Bisa Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif Dan Aman
share

Penyebab Gatal Saat Digigit Nyamuk

 

Nyamuk menemukan sasarannya berdasarkan gerak tubuh, suhu tubuh dan bau tubuh. Dengan cara ini, nyamuk akan menemukan sasarannya dengan tepat. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh mangsanya, nyamuk akan menempelkan mulutnya yang mirip sedotan panjang pada permukaan kulit.

 

Kemudian, nyamuk akan mengeluarkan semacam pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur sampai menemukan urat darah. Setelah itu barulah darah akan dihisap. Dalam proses ini nyamuk akan mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang sedang dihisap.

 

Proses ini berlangsung dengan sangat cepat, seoalah-olah yang terjadi nyamuk hanya menusukkan jarum dan menghisap darah. Padahal dalam kenyataannya tidak begitu. Nyamuk membedah kulit kita seperti layaknya dokter bedah dengan akurat dan tepat. Setelah kenyang, nyamuk akan mencabut mulutnya yang seperti sedotan lalu terbang.

 

Air liur nyamuk yang tertinggal pada kulit korban inilah yang akan merangsang tubuh seolah-olah ada benda asing yang mengganggu. Lalu terjadilah proses  yang dikenal dengan alergi, dan sebagai respon dari tubuh, kulit akan bentol dan terasa gatal.

 

Cara Membuat Perangkap Nyamuk

 

Seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak sekali penangkal nyamuk dan pengusir nyamuk yang bisa kita temukan di berbagai warung atau minimarket terdekat. Mulai dari obat nyamuk bakar, lotion anti nyamuk, sampai dengan semprotan ant nyamuk. Bahkan ada juga pengusir nyamuk yang berbentuk elektrik.

 

Namun, kali ini kita tidak akan membuat pengusir nyamuk atau alat penangkap nyamuk seperti yang disebutkan di atas. Yang akan kita buat adalah perangkap nyamuk yang terbuat dari alat dan abahan yang mudah kita temukan di sekitar.

 

 

 

Yuk, mari kita simak pembahasan cara membuat perangkap nyamuk alami sebagai berikut :

 

1. Siapkan Botol Plastik

Hanya 2 Menit Anda Bisa Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif Dan Aman

Siapkan botol plastik ukuran sedang atau besar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan botol ukuran besar saja. Pastikan botol yang akan digunakan sudah kosong dan kering, tidak berisi air.

Potong menjadi dua bagian, posisi potongan kira-kira 1/3 bagian dari atas. Botol bagian bawah nantinya akan digunakan sebagai wadah cairan gula dan potongan atas akan digunakan sebagai pintu masuk perangkap secara terbalik.

 

2. Buat Larutan Gula

Cara menangkap nyamuk kali ini akan memanfaatkan CO2 buatan. Hal ini dikarenakan, nyamuk suka dengan CO2. Larutan gula ini nantinya akan digunakan sebagai bahan utama untuk cairan fermentasi CO2.

Buat larutan gula dengan komposisi  50 gram gula (bisa gula pasir atau gula merah) dan air sebanyak 200 ml. Aduk larutan sampai merata. Anda bisa menggunakan air hangat supaya gula cepat larut.

 

3. Masukkan Larutan Gula ke dalam Botol

Hanya 2 Menit Anda Bisa Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif Dan Aman

Masukkan larutan gula yang telah kita buat tadi kedalam 2/3 bagian botol yang sudah kita potong sebelumnya. Perlu diperhatikan, isi larutan tidak boleh terlalu penuh karena sebagiannya harus kosong untuk jalan masuk nyamuk berupa 1/3 potongan botol lainnya (potongan atas).

 

Pastikan botol yang digunakan adalah botol yang bisa berdiri tegak. Supaya larutan didalamnya tidak tumpah.

Perangkap nyamuk ini termasuk salah satuperangkap yang cukup murah dan mudah dibuat. Apalagi dengan memanfaatkan botol-botol bekas yang sudah tidak dipakai. Hal ini bisa mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar.

 

4. Campurkan Ragi pada Cairan Gula

Biarkan larutan gula ini dingin. Kemudian tambahkan ragi bubuk pada bagian atas larutan sebanyak 1 gram tanpa diaduk. Biarkan begitu saja. Ini adalah salah satu cara mengusir nyamuk dengan ragi.

Larutan gula yang sudah ditaburi dengan ragi ini akan bereaksi dan menghasilkan karbondioksida (CO2) yang akan menarik perhatian nyamuk untuk menghinggapinya.

 

5. Tutup dan Isolasi

Setelah larutan gula ditaburi dengan bubuk ragi, perangkap nyamuk siap dirakit secara keseluruhan. Potongan botol bagian atas dirakit seperti pada gambar (posisi terbalik). Kemudian diisolasi agar merekat dan tidak copot.

 

Bungkus botol perangkap nyamuk ini dengan sesuatu yang berwarna hitam. Bisa menggunakan kresek hitam atau sejenisnya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagian atas botol ini tidak bolah ditutupi karena berfungsi sebagai pintu masuk perangkap nyamuk.

 

6. Siap Digunakan

Perangkap nyamuk siap digunakan. Letakkan di sudut ruangan dan jangan sampai kehujanan. Ingat, cairan di dalam botol ini tidak boleh sampai menyentuh ujung botol perangkap nyamuk. Supaya nyamuk bisa masuk.

 

Lakukan kontrol secara berkala perangkap nyamuk tersebut. Kontrol berkala ini bisa dilakukan setiap 10-14 hari sekali secara rutin. Bongkar botol dan keluarkan nyamuk yang sudah terperangkap beserta cairannya.

Sebelum mengganti cairan yang baru, bersihkan secara merata botol yang akan digunakan sebagai jebakan nyamuk tadi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perangkap nyamuk yang dibuat jangan cuma satu buah. Lebih baik, sekali buat perangkap nyamuk ini, dibuat sebanyak minimal 4 buah perangkap. Dengan membuat banyak perangkap nyamuk sekali waktu, akan memudahkan kontrol dan pembuatan cairan.

Jadi sekali waktu, kita bisa membuat 4 sampai 6 perangkap nyamuk. Dan perangkap nyamuk ini bisa ditempatkan diberbagai sudut ruangan yang ada di dalam rumah.

 

 

Cara Penggunaan Perangkap Nyamuk

Setelah perangkap nyamuk selesai dibuat. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut untuk menggunakannya.

1. Letakkan Perangkap Nyamuk pada Permukaan yang Kuat di Dekat Nyamuk

Jika terdapat ruangan yang dipenuhi dengan nyamuk atau bisa dikatakan sebagai pusat nyamuk, sebaiknya perangkap diletakkan di tempat tersebut. Letakkan pada permukaan yang kuat seperti lantai atau meja. Tempatkan di pojokan ruangan supaya jauh dari lalu lintas manusia sehingga perangkap nyamuk ini tidak akan tersandung dan tumpah.

 

2. Perhatikan ketika botol telah penuh dengan serangga yang mati

Pada akhirnya perangkap ini akan dipenuhi oleh nyamuk yang terperangkap di dalamnya.  Anda perlu membersihkannya secara berkala. Walaupun nyamuk yang terperangkap masih sedikit, perangkap ini pun tetap harus dibersihkan dan diganti dengan cairan yang baru karena setelah beberapa hari ragi dan larutan gula yang ada sudah tidak efektif lagi untuk menarik perhatian nyamuk.

Oleh karena itu, perlu dijadwalkan secara rutin supaya tidak terlambat dalam mengganti cairan dan membersihkan perangkap nyamuk ini.

 

3. Ganti larutan ragi dan gula jika diperlukan

Beruntunglah bagi anda yang menggunakan perangkap nyamuk seperti ini. Karena perangkap ini bisa digunakan secara berulang kali. Hanya dengan membongkar botol dan membersihkannya, kemudian mengganti cairan gula ragi yang baru. Setelah cairan diganti dengan yang baru, perangkap siap dirakit ulang dan selanjutnya ditempatkan di tempat seperti biasanya.

Demikian cara mudah membuat sendiri perangkap nyamuk yang efektif,agar keluarga anda terhindar dari gigitan nyamuk. semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

Mengusir Nyamuk Hanya Dengan Serai, Ketahui Caranya

Kegunaan serai atau sereh salah satunya yaitu bisa dipakai sebagai bumbu masak, wangi-wangian, bahan pencampur jamu, serta dapat juga di buat ... Selengkapnya

Ini Cara Mudah Membuat Slime Dari Bahan Rumahan yang Aman untuk Anak

Slime adalah cairan lengket dan pekat yang sekilas terlihat seperti lendir. Cairan ini dibuat dalam berbagai macam variasi warna yang cerah dan ... Selengkapnya

Buat Paspor Cuma 5 Menit? Ini Caranya

Jika Anda hendak pergi ke luar negeri, maka dokumen terpenting yang perlu Anda miliki adalah paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang ... Selengkapnya

Ketahui Jenis Permainan Yang Bisa Membuat Balita Cerdas

Meski si kecil masih bayi, ia bisa diajak bermain lewat permainan-permainan sederhana. Tentu permainan ini perlu disesuaikan dengan usia dan kemampuannya. ... Selengkapnya


advertisement
Masih Hangat
 
Banyak Dilihat

Akhir Artikel

Buka Kategori Untuk Info Menarik Lainnya